Skip to main content

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Merasakan Pedas
(sumber gambar : matome.naver.jp)
Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

Berikut penjelasan Fakta Unik mengenai penyebeb rasa pedas yang dikutip dari madsci.org

Lidah kita memiliki banyak sekali reseptor perasa. Reseptor ini tersebar di seluruh permukaan lidah dalam bentuk bintil-bintil yang disebut papila. Setiap reseptor hanya bisa merasakan rasa tertentu dan pada umumnya reseptor yang sama tersebut berada pada suatu area tertentu pula.

Bagian-bagian perasa lidah.
Di dalam papila juga terdapat neuron-neuron yang berfungsi mengirimkan sinyal suhu dan sakit ke otak. Bagian inilah yang menyebabkan kita merasakan rasa pedas tersebut.

Lalu, kenapa kok ketika kita makan cabai kita merasakan pedas?


Jawabannya karena cabai mengandung sebuah zat molekul yang bernama CAPSAICIN.

Cabai mengandung zat capsaicin
(sumber gambar : mnn.com)
Molekul ini merangsang sensor dalam neuron tadi untuk merasakan sakit yang akhirnya merangsang sensor suhu untuk merasakan panas. Jadi sebenarnya otak kita menerima sinyal kesakitan atau panas ketika kita makan makanan pedas yang penuh dengan cabai. Zat capsaicin ini sebenarnya adalah metode pertahanan tanaman cabai terhadap pemangsanya.

Mekanisme yang sama dapat kita temui ketika kita makan daun mint. Bedanya, daun mint tersebut merangsang sensor sakit dan sensor suhu untuk merasakan dingin.

Daun mint memberikan efek dingin di lidah
(sumber gambar : pantrygardenherbs.com)
Tak hanya di lidah, zat capsaicin juga bisa merangsang sensor panas atau sakit yang tersebar di seluruh tubuh apabila mengenainya. Itulah penyebab kenapa ketika mata atau bagian tubuh lain terkena cabai juga akan merasa panas. Oleh karena itu, ketika tangan terkena sambal, membersihkannya dengan air sampai bersih adalah hal yang wajib dilakukan agar zat capsaicin ini tidak menyebar.(ren)

Comments

Popular posts from this blog

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

Fakta Unik Tentang Bebek

Setelah sekian minggu terlalu fokus ke pembuatan banner blog(walaupun masih amatiran sih), kali ini aku kembali lagi menulis artikel tentang fakta unik suatu hal yang sebenarnya merupakan artikel utama di blog ini. Sekarang anda tahu bebek?? yaa.... Hewan inilah yang akan kita bahas apa saja keunikannya. Bebek merupakan hewan unggas, sama seperti ayam.