Skip to main content

Fakta Unik Tentang Kalajengking

Fakta Unik Kalajengking
(Sumber gambar : abcnews.go.com)
Mungkin bila kita melihat hewan ini di sudut ruangan, pikiran kita akan cepat bereaksi untuk segera membunuhnya. Beberapa diantara kita mungkin malah ada yang langsung lari tunggang langgang mencari tempat perlindungan karena takut tersengat. Ya, Kalajengking. Serangga yang satu ini memang kurang disukai oleh manusia karena memiliki sengat beracun di ekornya. Bentuk fisiknya yang unik namun menakutkan bagi kebanyakan orang semakin menegaskan bahwa serangga ini adalah serangga yang berbahaya.

Berikut fakta-fakta unik tentang hewan kalajengking yang dirangkum dari school.ash.org.au dan bestfunfacts.com.

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 1
Ada lebih dari 2,000 spesies kalajengking berbeda di bumi ini. Ekor kalajengking memiliki alat penyengat dengan kelenjar racun di dalamnya. 40 sampai 50 spesies diantaranya bahkan memiliki racun yang mampu untuk membunuh seorang manusia.

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 2
Kalajengking berasal dari keluarga laba-laba. Kalajengking merupakan hewan nocturnal seperti burung hantu. Serangga ini umumnya memiliki panjang sekitar 2.5 sampai 20 sentimeter.

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 3
Kalajengking menyukai tempat-tempat yang terbuat dari kain seperti pakaian dan celana. Itulah sebabnya, tempat favorit mereka ketika pertama masuk rumah adalah sepatu!

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 4
Walaupun beberapa spesies memiliki mata yang jumlahnya mencapai 10, tetap saja mereka memiliki penglihatan yang buruk.

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 5
Kulit kalajengking memiliki bahan florescent yang bisa membuat mereka berubah warna menjadi hitam apabila terkena sinar ultraviolet.

# Fakta Unik Tentang Kalajengking 6
Setelah kawin, kalajengking betina akan menjadi agresif dan mulai memakan pasangannya. Mereka bahkan akan memakan anak-anaknya bila merasa kelaparan. Saungguh wanita yang kejam!

Kalajengking Betina Memakan Pejantannya
Kalajengking betina yang sedang memakan pejantannya.
(Sumber gambar : kienthuc.net.vn)
# Fakta Unik Tentang Kalajengking 7
Habitat asli dari kalajengking adalah di gurun pasir. Oleh karena itu mereka sudah terlatih untuk dapat bertahan hidup tanpa makan dan minum sampai berbulan-bulan.

Comments

  1. thanks gan atas infonya..! Gw slalu lari sana-sini pas ngeliat tuh binatang.. Pertama gw geli
    kedua gw takut karna mereka beracun..

    Best acount
    ging-ging bhat

    ReplyDelete
  2. Gw melihara kalajengking yg memiliki ekor 2... Cekidot video peliharaan ane gan...
    http://m.youtube.com/index?desktop_uri=%2F&gl=US#/watch?v=1Ib3lTMH9e4

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.