Skip to main content

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Tumbuhan Berbahaya
(Sumber gambar : popularmechanics.com)
Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com


Giant Pitcher Plant / Tanaman Kendi Raksasa ( Nepenthes attenboroughii )

Sanggup Menelan Tikus Besar
 
Tumbuhan berbahaya  Nepenthes attenboroughii
(Sumber gambar : philippinestravelsite.com)
Dapat dijumpai di 5000 kaki di atas permukaan laut Mt. Victoria Filipina, tanaman unik berbentuk menyerupai kendi ini memiliki semacam nektar yang dimiliki pada bunga seperti biasanya. Namun, nektar ini bukannya menjadi hidangan yang lezat bagi yang hinggap di tanaman ini melainkan malah menjadi jebakan paling ampuh untuk menarik perhatian mereka. Serangga yang masuk ke dalam bunga akan dilumat habis-habisan oleh si Tanaman Kendi Raksasa ini. Diameter mulutnya dapat mencapai 30 cm sehingga cukup besar untuk menelan seekor tikus yang kurang beruntung. Enzim-enzim dan asam-asam tajam membuat makhluk yang sudah masuk di tanaman ini hampir tidak mungkin melepaskan diri dan tinggal menunggu akhir hidupnya.

Castor Bean Plant : Ricinus Communis

Sering tumbuh di Taman-taman

Tumbuhan berbahaya Ricinus Comunis
(Sumber gambar : latin-wife.com)
Castor Bean Plant dapat dijumpai dengan mudah di taman-taman, meskipun faktanya tanaman ini memiliki racun ricin yang mematikan, seorang pakar tanaman beracun dan mematikan, Amy Stewart seorang ahli biotani Amerika menanam tanaman ini di kebun tanaman beracun miliknya, dan masalahnya tidak ada orang yang berani mencabut atau memanennya kembali.

Western Water Hemlock : Cicuta douglasii

Tanaman Paling Beracun di Amerika Utara

Tumbuhan berbahaya Cicuta douglasii
(Sumber gambar : sublettecountyweed.com)
Tanaman ini mengandung racun cicutoxin, yaitu racun yang mampu menimbulkan ganggunan ketenangan yang parah, kehilangan kesadaran karena rusaknya jaringan otot hingga akhirnya meninggal dunia. Jika ditelusuri, sebenarnya tanaman berbahaya ini masih satu keluarga dengan tanaman wortel.


White snakeroot : Eupatorium Rugosum

Tanaman yang Telah Membunuh Ibu President Abraham Lincoln
Tumbuhan berbahaya Eupatorium Rugosum
(sumber : wildflowersofontario.ca )
Meminum susu dari sapi perah yang sebelumnya sempat memakan tanaman White snakeroot dapat sangat mematikan. Hal tersebut disebakan karena setiap bagian tanaman ini mengandung tremetol dan alkohol jenuh yang dapat menyebabkan kekejangan otot sebelum membunuh korban. Hal itu pula yang menyebabkan ibu Presiden Abraham Lincoln meninggal dunia. Tidak ada satupun orang yang tahu penyebab kematian tersebut sebelum abad ke 19, sampai akhirnya Depertemen Pertanian mengungkapkan penelitiannya.

Monkshood : Aconitum napellus

Tanaman Terbaik untuk Membunuh Tamu Makan Malam
Tumbuhan berbahaya Aconitum napellus
(Sumber gambar : wikimedia.org)
Tanaman bewarna ungu ini tumbuh dengan racun alkaloid aconite yang dapat menyebabkan sesak dada. Ketika Ami Stewart ditanya dampak terburuk apa yang dapat disebabkan, dia menjawab sekaligus bercanda yang kira-kira seperti ini “Silakan hidangkan sup monkshood, dan tamu makan malam anda tidak akan pulang dengan selamat ”. :)

Selanjutnya : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II 

Comments

  1. permisi pertamax ni boss... tukar link yuks...
    http://www.aciracia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. Giant Pitcher Plant ) Mungkin ini seprupa kantum semar yang ada di da era jawa

    ReplyDelete
  3. Sundul Aza Deh...

    Btw Ayo Mampir Di Blog Saya...
    Berisi Tentang Info2 Menarik...
    Mirip Kaya On The Spot Lah...
    http://nico-share.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. visit this blog too

    http://exfile4shared.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Keep it up, bang Rendra!
    Terus menulis ya.


    Monkshood keren, bunganya indah. Coba kalau saya bisa dapat bibitnya; nggak ada yang berani ngancam saya lagi pastinya. Huehehe.. >:D

    ReplyDelete
  6. Kalau boleh usul, bagaimana dengan fakta-fakta menarik tentang ilmu bela diri? :)

    ReplyDelete
  7. Bagusss..
    Mampir dblog ane yc gan

    ReplyDelete
  8. penampilannya menarik,,,
    ternyata beracun,,
    haha

    ReplyDelete
  9. wah ternyata ada juga toh yang beracun sampek kayak gitu..
    bener bener unik

    ReplyDelete
  10. cantiknya tananamnya ternyata berbahaya dan beracun

    ReplyDelete
  11. padahal berwarna indah tapi kok beracun, kurang lebih kayak manusia
    dari Dwi K

    ReplyDelete
  12. wah mantap gan jadi tambah tahu wawasan ane...

    ReplyDelete
  13. wahh, artikelnya bermanfaat sekali sob.....visit balik ya sob...http://dennyaby321.blogspot.com/2013/07/rahasia-mendapatkan-token-gratis-game.html

    ReplyDelete
  14. waduuh bahaya banget ternyata sob, terima kasih ya sob. Jadi harus hati2 ni saya :)

    ReplyDelete
  15. blognya jadul...
    gak update...

    ReplyDelete
  16. itu yang pertama serem banget gan, jadi itu tnaman selalu menghisap siapa dan apa saja yang mendekatinya?
    jika terkena racun tnaman tersebut apa bis di obatui?
    terimakasih ;)

    ReplyDelete
  17. Blognya mantep mas, saya jadi terinspirasi sama tampilannya

    http://beritafashionmu.blogspot.com/

    ReplyDelete
  18. ampun deh,, serem banget .. :D

    mampir gan di blog ane

    Reportase5.com

    ReplyDelete
  19. kenapa berbahaya gan?
    terimakasih ;)

    mampir mampir http://veriska.com/

    ReplyDelete
  20. berbhayanya karena beracun sist?
    terimakasih ;)

    klik klik klik http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
  21. Padahal kalau ditaruh di pekarang rumah pasti cantik tuh

    Kunjung web saya ya :
    Depo air minum isi ulang mineral

    ReplyDelete
  22. Info yang sangat menarik. terimkasih informasisnya
    Izin repost di blog saya " www.mediapublishid.blogspot.co.id"

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.