Skip to main content

Sistem Pendengaran Burung Hantu

Beberapa waktu yang lalu Rendra sempat memposting artikel yang bejudul Fakta Unik Tentang Burung Hantu. Dan tak disangka ternyata artikel tersebut cukup banyak yang menyukai, terbukti sampai artikel ini saya terbitkan, artikel tentang burung hantu tersebut masih menjadi Fakta terpopuler dalam bog Fakta Unik ini. Nah, karena iu hari ini Rendra ingin membahas mengenai burung hantu lagi tapi kali ini adalah tentang Sistem Pendengaran Telinga Hantu yang hebat.

Karena burung hantu lebih aktif di malam hari, dia memiliki perkembangan pendengaran yang sangat bagus. Telinganya terletak di samping kepala. Di belakang mata dan tertutup oleh bulu dari mukanya. Bentuk telinga burung hantu sendiri tergantung spesiesnya. Pada spesies tertentu, telinga yang kita lihat ternyata hanyalah sejumput bulu, bukan telinga yang sebenarnya.

Jarak pendengaran burung hantu tidaklah sebaik manusia, tetapi pendengarannya lebih halus dan tajam pada frekuensi tertentu yang memungkinkan dia mendengar mangsa mereka yang bergerak pelan di atas tanah atau dedaunan. Ketika suara berisik terdengar, burung hantu mampu memperkirakan arah datangnya suara berisik tersebut walaupun penglihatannya cukup buruk dengan cara merasakan perbedaan waktu bunyi yang diterima oleh telinga kanan dan telinga kiri. Contohnya jika bunyi mangsanya berasal dari sisi kiri, maka dia akan terbang ke arah kiri karena telinga kiri menerima bunyi terlebih dahulu. Setelah itu burung hantu akan merasakan arah sudut terbang yang pas apabila kedua telinganya telah mendengar bunyi secara bersamaan. Burung hantu sendiri dapat merasakan perbedaan waktu bunyi yang datang tersebut hingga ketelitian 0.00003 detik!

Penerjemahan sinyal bunyi yang berasal kanan, kiri, bawah, dan atas tersebut terkombinasi secara cepat di otak burung hantu sehingga menciptakan gambaran visual tentang lingkungan sesungguhnya dari sumber suara. Penelitian tentang otak burung hantu telah mengungkapkan bahwa medulla(bagian otak yang berasosiasi dengan pendengaran) burung hantu lebih kompleks daripada burung lain. Burung hantu yang tinggal di peternakan misalnya, dia memiliki minimal 95,000 neuron, jumlah tersebut 3 kali lebih banyak daripada neuron yang dimiliki oleh seekor sapi.
Burung hantu yang bersiap menerkam mangsanya.
Setelah menemukan arah yang pas dari mangsanya, kepala burung hantu akan tetap segaris dengan arah suara terakhir yang didengarnya. Jika mangsanya bergerak dia dapat dengan cepat dapat membetulkan arah. Ketika jarak dengan mangsanya sudah berkisar 60 cm dia akan mengacungkan kakinya yang memiliki cakar-cakar tajam ke depan kepala dan akhirnya brakkkk... Mangsanya pun akhirnya tertangkap.

Diterjemahkan dan diedit seperlunya dari owlpages.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

Fakta Unik Tentang Bebek

Setelah sekian minggu terlalu fokus ke pembuatan banner blog(walaupun masih amatiran sih), kali ini aku kembali lagi menulis artikel tentang fakta unik suatu hal yang sebenarnya merupakan artikel utama di blog ini. Sekarang anda tahu bebek?? yaa.... Hewan inilah yang akan kita bahas apa saja keunikannya. Bebek merupakan hewan unggas, sama seperti ayam.