Skip to main content

Fakta Unik Tentang Mawar

Bunga Mawar, merupakan salah satu bunga yang cukup terkenal di dunia. Bunga mawar sering diidentikkan dengan perasaan sayang atau cinta kepada seseorang. Kesan romantis pun timbul dari keindahan warnanya. Selain itu, wangi harum yang dimilikinya tak ayal menjadikan bunga ini hadiah yang pas untuk seseorang yang kita anggap spesial. Nah sebelum membelinya di toko bunga atau memetiknya dari taman, tak ada salahnya bila sobat membaca beberapa fakta unik yang telah dirangkum Rendra tentang tanaman mawar ini.


# Fakta Unik Tentang Mawar 1
Ada lebih dari 15.000 spesies tanaman mawar berbeda yang dibudidayakan di seluruh dunia. Fosil tanaman mawar tertua ditemukan di Florissant Colorado. Fosil tersebut diprediksi pernah hidup sekitar 35 juta tahun yang lalu.

# Fakta Unik Tentang Mawar 2
Tanaman mawar ternyata masih satu keluarga(family) dekat dengan buah-buahan seperti apel, pir, chery dan almond. Fakta lain yang mengejutkan adalah kelopak bunga mawar ternyata malah mengandung lebih banyak vitamin C daripada buah-buahan tadi!

# Fakta Unik Tentang Mawar 3
Tanaman mawar tertua yang diketahui masih hidup hingga sekarang berada di Katedral Hildeshiem di Jerman yang telah mampu bertahan hidup lebih dari 100 tahun!
Katedral Hilseim dimana mawar berumur lebih dari 1000 tahun hidup
# Fakta Unik Tentang Mawar 4
Awak kapal Christoper Columbus secara tak sengaja menemukan batang tanaman mawar di lautan pada tanggal 11 Oktober 1492. Tentu saja hal tersebut menjadi berita yang sangat menggembirakan bagi seluruh kru kapal karena batang tanaman mawar tersebut pastilah menunjukkan adanya suatu daratan yang kemudian sekarang kita kenal sebagai Benua Amerika.

# Fakta Unik Tentang Mawar 5
Pada tahun 1986 Presiden Amerika Serikat Ronald Reagan meresmikan bahwa bunga mawar sebagai Bunga Nasional negaranya. Di Amerika Serikat sendiri, sekitar 400 hektar tanaman mawar dipanen setiap tahunnya dari rumah-rumah kaca. Karena itu tak perlu heran bila 85% konsumen mawar di dunia adalah dari Amerika Serikat.

# Fakta Unik Tentang Mawar 6
Harga rata-rata satu lusin bunga mawar adalah Rp. 70.000. Pada tahun 1898 ketika terjadi inflasi harga satu lusin batang mawar pernah mencapai sekitar Rp. 360.000. Untuk saat ini, penjualan tanaman mawar akan meningkat ketika hari Valentine atau hari ibu hingga 42%.

# Fakta Unik Tentang Mawar 7
Berdasarkan mitologi Yunani, duri yang tumbuh pada permukaan batang tanaman mawar disebabkan karena anak panah yang dilesatkan oleh Cupid meleset dan secara tak sengaja malah mengenai batang tanaman mawar tadi. (Hehehe lucu yah kok bisa sampai meleset….)

Referensi :
wagraphics.com
googobits.com
helium.com

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

Fakta Unik Tentang Bebek

Setelah sekian minggu terlalu fokus ke pembuatan banner blog(walaupun masih amatiran sih), kali ini aku kembali lagi menulis artikel tentang fakta unik suatu hal yang sebenarnya merupakan artikel utama di blog ini. Sekarang anda tahu bebek?? yaa.... Hewan inilah yang akan kita bahas apa saja keunikannya. Bebek merupakan hewan unggas, sama seperti ayam.