Skip to main content

Fakta Unik Tentang Jambu Biji

Tak jarang kita sering menemukan tanaman ini tumbuh liar di berbagai tempat, bisa di pekarangan rumah, halaman belakang sekolah atau bahkan di pinggir jalan yang sedang kita lewati. Sejak kecil Rendra sendiri tak pernah lepas dari tanaman jambu biji, karena tanaman ini selalu saja tumbuh kembali di halaman depan rumah saya walaupun ayah selalu menebanginya ketika tumbuh terlalu lebat. Sayangnya sekarang tanaman jambu biji tersebut ketika berbuah belum sampai matang sudah dijarah ulat, jadi Rendra jarang-jarang juga memetiknya. Biarlah menjadi rezeki si ulat saja. Hehehe....

Tapi sebelumnya saya selaku admin blog ini, Rendra Budi Hutama merasa bersalah karena selama berbulan-bulan tidak pernah update. Tak dapat dipungkiri rasa malas adalah penyebabnya. Oleh karena itu mumpung masih bulan Syawal Rendra meminta maaf sebesar-besarnya kepada sobat pembaca yang setia menantikan posting sederhana di Blog Fakta Unik ini. (Ge Er Mode: On)

Oke kembali ke topik bahasan. Kali ini kita akan menguak beberapa Fakta unik tentang tanaman jambu biji. Berikut beberapa fakta unik tersebut.

# Fakta Unik Tentang Jambu Biji 1
Tanaman jambu biji sering dijumpai di berbagai belahan dunia seperti Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, Afrika dan Asia. Namun penelitian membuktikan tanaman ini awalnya berasal dari daerah Meksiko yang kemudian menyebar berbagai tempat lewat perantara burung, manusia atau hewan lainnya.

# Fakta Unik Tentang Jambu Biji 2
Walaupun terpotong atau dirusak, tanaman jambu biji kemungkinan besar akan tetap bertahan hidup asalkan bagian batang utamanya tidak tercabut dari tanah.

# Fakta Unik Tentang Jambu Biji 3
Sama seperti tanaman bambu, jambu biji juga tumbuh sangat cepat bila kondisi lingkungannya sesuai. Ketika umurnya mencukupi, hampir seluruh ujung ranting akan dipenuhi bunga-bunga bewarna putih. Bunga-bunga tersebut menebarkan wangi khusus yang memikat lebah atau serangga lain seperti kupu-kupu untuk hinggap dan secara tidak sengaja mereka telah membantu proses paling penting dalam perkembangbiakan gerneratif tumbuhan yaitu proses penyerbukan.
Bunga dari tanaman jambu biji.
# Fakta Unik Tentang Jambu Biji 4
Tanaman jambu biji membutuhkan ruang yang cukup luas untuk tumbuh dan berkembang secara optimal. Beberapa diantaranya sanggup tumbuh setinggi 9 meter. Dalam tahun kedua setelah penanaman biasanya jambu biji sudah mulai berbuah dan mencapai puncaknya pada tahun keempat yang kemudian berangsur-angsur menurun produktivitasnya karena faktor umur.

# Fakta Unik Tentang Jambu Biji 5
Bila diamati, sebenarnya lebih dari 50% buah tersebut terdiri dari biji-biji yang kecil namun saling terikat satu sama lain sehingga menimbulkan kesan bahwa bijinya sangat besar. Buah jambu biji dapat dimakan langsung atau dapat diolah ke berbagai olahan makanan atau minuman seperti jus, permen, sirup, selai dll. Daun jambu biji juga sudah dikenal lama dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti batuk dan sakit perut.

Referensi
rgraf.hubpages.com
tradewindsfruit.com

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.