Skip to main content

Fakta Unik Tentang Petir

Duar...! Duar....! Duar..! Mungkin seperti itulah suara yang kita dengar apabila terjadi petir di langit. Terkadang sangat keras hingga membuat orang kaget. Rendra sendiri dulu waktu kecil sering ketakutan bila ada petir. Apalagi bila terjadinya petir tadi waktu hujan lebat. Walaupun begitu, petir merupakan salah satu peristiwa alam yang unik karena kilatannya sangat indah tapi tidak bila kilatan tersebut sampai mengenai agan. Hehehe.... Berikut Fakta Unik tentang peristiwa terjadinya petir tersebut.

# Fakta Unik Tentang Petir 1
Petir terjadi karena pemampatan dan pemuaian udara di sekitar sambaran kilat. Sambaran kilat sendiri lebih panas 5 kali dari panas permukaan matahari atau sekitar 15.000-20.000 derajad Celcius. Saking panasnya, udara tersebut kemudian memuai menjadi sangat banyak dalam waktu yang sangat singkat. Akhirnya terjadilah suara petir yang sangat keras karena tumbukan udara  yang memuai secara cepat tadi dengan udara sekitar.  

# Fakta Unik Tentang Petir 2
Suara petir tidak akan terjadi tanpa sambaran kilat terlebih dahulu. Begitu pula sebaliknya bila terlihat sambaran kilat pasti akan timbul petir. Kadang-kadang sambaran kilat tidak dikuti suara, hal itu terjadi karena jarak kita dengan sambaran petir tersebut cukup jauh.

# Fakta Unik Tentang Petir 3
Sambaran kilat berlangsung sangatlah cepat, kira-kira hanya selama 0,2 detik. Sambaran ini diikuti oleh banyak sambaran lain dalm jalur yang sama. Sambaran yang terjadi dapat menyalakan 100 juta bola lampu dalam sesaat. Namun hanya sambaran utama yang mengenai target.

# Fakta Unik Tentang Petir 4
Diperkirakan 1800 kali petir terjadi dalam selang waktu yang sama di Bumi. Florida, Amerika Serikat  merupakan salah satu daerah yang paling banyak terjadi petir. Disana Petir terjadi sebanyak 25 juta hingga 30 juta kali pertahun.

# Fakta Unik Tentang Petir 5
Seseorang yang terkena sambaran kilat sebenarnya masih memungkinkan untuk bertahan hidup. 5 dari 30 orang dilaporkan masih hidup setelah tersambar petir. Salah satunya adalah seorang Pria bernama Roy Sullivan, dia masih hidup walupun sudah tersambar petir 7 kali dalam hidupnya hingga umur 71 tahun.

Referensi:
funshun.com
allowmenstalk.com
weatherimagery.com

Comments

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.