Skip to main content

Fakta Unik Tentang Burung Hantu

Owl, dalam bahasa Indonesia namanya burung hantu. Hewan unik ini sering dianggap pembawa sial bagi sebagian masyarakat. Karena sifatnya yang misterius, suka keluar malam. Sayangnya saat ini burung ini terancam habitatnya karena banyaknya penebangan liar pohon-pohon. Rendra sendiri turut prihatin atas masalah ini. Semoga ke depannya anak cucu kita masih bisa tahu burung yang satu ini. Oke, sekarang kita lihat apa saja Fakta Unik yang dimiliki burung hantu yang telah dirangkum Rendra khusus untuk agan. :-)

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 1
Burung hantu memiliki 150 spesies berbeda yang hidup tersebar di semua benua di dunia, tentunya kecuali benua Antartika.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 2
Burung hantu adalah karnivora atau hewan pemakan daging. Santapan utama mereka adalah hewan-hewan pengerat kecil seperti tikus. Burung Hantu yang hidup di peternakan bahkan mampu memakan 1000 tikus pertahun. Makanan lain dari burung hantu adalah serangga, reptil-reptil kecil, dan ikan.
Burung hantu yang sedang menyantap tikus.
# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 3
Burung hantu memiliki telinga yang unik dengan ukuran dan tinggi yang berbeda dengan kepalanya. Bentuk yang unik ini memberikan pendengaran super kepada burung ini. Bahkan bisa dikatakan Burung hantu adalah burung paling baik daya pendengarannya. Hal ini sangat membantu burung hantu dalam menentukan pergerakan mangsanya, daripada mengandalkan kemampuan matanya yang cukup buruk.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 4
Burung Hantu memiliki lembaran-lembaran bulu di sekitar telinganya. Lembaran-lembaran ini bukanlah untuk mebantu pendengaran, melainkan untuk meperlihatkan kondisi burung tersebut, berkamuflase, atau untuk menakut-nakuti burung lainnya.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 5
Mata burung hantu terlingkupi oleh tulang mata sehingga tidak bisa digerakkan untuk melirik kanan atau kiri.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 6
Kepala burung hantu sangatlah hebat. Mengapa demikian? Karena kepalanya dapat berputar hingga 270 derajat!

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 7
Burung hantu memiliki 3 kelopak mata. Satu untuk berkedip, satu untuk tidur dan satu untuk menjaga mata agar tetap bersih dan sehat.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 8
Kaki burung hantu merupakan kaki zygodactyl dengan dua jari belakang dan dua jari belakang. Bentuk kaki seperti ini semakin menguatkannya sebagai seorang Predator.
Bentuk kaki Burung Hantu di info-faktaunik.blogspot.com
Kaki burung hantu  ternyata sadis gan!!!

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 9
Ternyata tidak semua burung hantu adalah nocturnal atau selalu keluar pada malam hari. Beberapa diantaranya banyak yang keluar pada siang hari tergantung pada kondisi habitat, musim, serta makanan.

# Fakta Unik Tentang Burung Hantu 10
Burung hantu sudah ada sejak lama, terbukti dengan digunakannya burung hantu dalam simbol-simbol kuno seperti pada Mesir dan bangsa Maya. Fosil tertua burung hantu yang ditemukan diperkirakan telah berumur 58 juta tahun. Yang terbesar adalah Orinmegalonyx oteroi, dengan tinggi sekitar 3 kaki.

Referensi:
birding.about.com

Comments

  1. wah keren, thanks infonya,,

    mau nanyak nih, fakta ilmiah itu apa ya ?

    ReplyDelete
  2. makash dah berkunjung, kalau menurut Rendra Fakta Ilmiah itu kenyataan yang ada di dunia ini yang didasari oleh bukti bukti ilmiah jadi bukan mengada-ada.

    ReplyDelete
  3. waaahhh....artikel yang bermutu banget,,thanks ya,,,oo iya,,,gara gara habitatnya terancam,,banyak sawah yang di panen ama tikus,,,hiihihihih..

    ReplyDelete
  4. @nopit bisa aja dipanen tikus hahahah...
    yang ada sekarang malah dipanen sama wereng di daerah saya... petani banyak yang rugi...

    ReplyDelete
  5. Halo Rendra..., salam kenal.:-)
    Makasih yah buat artikelnya. Pas banget emang saya sedang mencari fakta-fakta mengenai burung hantu. Saya bekerja di lembaga kursus yang berlogokan burung hantu. Jadi timbul pertanyaan nih, kenapa yah Galileo galilei memakai maskot burung hantu. Emm...mungkin juka dikau ada referensi, bisa share ke saya mengenai alasan tersebut.
    Skali lagi makasih yah buat arikelnya.

    ReplyDelete
  6. bingung sama fakta ke 8. atau salah tulis?
    tapi makasih.

    ReplyDelete
  7. @cantik salam kenal juga!!!
    @blog newbie panya yang bingung??

    ReplyDelete
  8. wow,,thanks bwt infonya.. Izin repost bwt d blog ak yaa.. :)

    ReplyDelete
  9. @Dewi Jangan lupa kasih linkback yah...

    ReplyDelete
  10. tp kug agak o on yaa???
    seorang "seorang Predator"????
    burung apa monyet sich?????

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.