Skip to main content

Fakta Unik Tentang Kelapa

Tanaman ini mempunyai bentuk yang unik serta berbeda dengan tanaman lain. Walaupun besar dan sangat tinggi, tapi akarnya berbentuk serabut seperti jagung. Selain itu, apabila dipandang dari sisi sains tanaman kelapa tidak mungkin mempunyai cabang.


#Fakta unik tentang kelapa 1~
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa pohon kelapa merupakan tanaman serbaguna. 
Batangnya bisa digunakan sebagai bahan konstruksi rumah.
Akar dan tempurungnya bisa dijadikan kerajinan tangan.
Daunnya di beberapa tempat bisa dijadikan atap rumah.
Buahnya sudah tentu baik untuk dikonsumsi.
Parutan buah kelapanya dapat digunakan untuk makanan ayam.
Dan masih banyak lagi.
#Fakta unik tentang kelapa 2~
Pohon kelapa dapat tumbuh hingga 35-40 meter.
Aku gak mungkin manjat kelapa itu karena aku takut banget sama yang namanya ketinggian.. hehhehe..
#Fakta unik tentang kelapa 3~
Pohon kelapa mempunyai nama latin Cocos nucifera. Coco berarti "wajah monyet" karena 3 lekukan di tempurungnya sehingga menyerupai wajah monyet. Sedangkan nucifera berarti berbentuk seperti kacang.
Iya kan, tuh tempurung kayak penampakan muka kamu, ehhh salah muka monyet maksudnya...
#Fakta unik tentang kelapa 4~
Buah kelapa sebenarnya merupakan biji dari pohon kelapa dan bisa disamakan dengan kacang-kacangan.

#Fakta unik tentang kelapa 5~
Oleh karena itu, buah kelapa adalah biji terbesar di dunia.
Jadi, initeh biji bukan buah.
#Fakta unik tentang kelapa 6~
Buah kelapa yang jatuh membunuh 150 orang setiap tahunnya, 10 kali lebih banyak daripada orang yang terbunuh oleh ikan hiu.
Ternyata ikan hiu ini tidak lebih ganas daripada sebutir kelapa.
#Fakta unik tentang kelapa 7~
Daging buah kelapa kaya akan protein, air kelapanya menyegarkan. Selain itu buah kelapa dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik.
Memang, nih tanaman bermanfaat banget....
#Fakta unik tentang kelapa 8~
Kelapa biasanya dipanen manusia sendiri dengan memanjatnya. Tapi di beberapa daerah seperti Thailand dan Sumatra, monyetpun dilatih memanjat pohon kelapa.

Pinter bener sih kamu....hehehe..

#Fakta unik tentang kelapa 9~
Lebih dari 20 trilyun buah kelapa dipanen tiap tahunnya.

#Fakta unik tentang kelapa 10~
Air kelapa adalah salah satu air alami yang masih steril, kecuali apabila kelapa tersebut terbuka atau membusuk.

Salah satu produk yang terbuat dari air kelapa. Bikin haus aja nih. Jadi kepengin. :-)

Referensi:
www.ehow.com
www.foodreference.com
www.coconuttree.com
www.coconutresearchcenter.org

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Mengapa Lidah Kita Merasakan Pedas?

Untuk kebanyakan orang Indonesia makan tak lengkap rasanya tanpa ada kehadiran rasa pedas dari sambal. Bahkan rasa pedas bisa jadi sudah menjadi rasa ke-6 yang terdaftar di lidah kita, selain rasa manis, asin, asam, pahit dan umami(rasa MSG).  Tapi, tahukah anda sebenarnya apa sih yang menyebabkan rasa pedas tersebut?

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I

Diam-diam seperti ular, mungkin peribahasa inilah yang cocok digunakan untuk menggambarkan tumbuhan-tumbuhan berbahaya di bawah ini. Mereka dipersenjatai oleh pertahanan alami hebat yang  membantu bertahan hidup dari pemangsa atau makhluk lain.

Senjata tanaman-tanaman berikut ini sangat beragam, ada yang berupa racun mematikan, duri tajam yang mampu menyobek ban mobil hingga berbagai macam enzim yang dapat merusak organ-organ tubuh. Benar-benar tumbuhan yang berbahaya!

Berikut daftar 10 Tumbuhan Paling Berbahaya yang  terangkum dari popularmechanics.com

10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part II

Melanjutkan posting sebelumnya yang membahas tentang tumbuhan-tumbuhan yang paling berbahaya di dunia, berikut daftar 5 tumbuhan yang juga mematikan (Baca : 10 Tumbuhan Paling Berbahaya di Dunia Part I). Sekilas tumbuhan-tumbuhan di bawah ini seperti tumbuhan-tumbuhan pada biasanya, namun siapa sangka tumbuhan tersebut menyimpan racun yang siap membunuh siapa saja.